My photo
Um escritor, um poeta, um aventureiro,

Wednesday 30 September 2009

Buku Harian Seorang Negarawan 6

Negara Timor-Timur terlalu kecil untuk dipecah-pecah. Tahun 75 terjadi perang saudara. Banyak orang meninggal selama perang saudara. Tahun 99 terjadi perang antara kelompok kemerdekaan dan pendukung integrasi. Banyak orang meninggal di tahun 99. Tahun 2006, kembali terjadi perpecahan diantara orang Timor-Timur, antara Firaku dan Kaladi. Banyak orang yang meninggal.

Semua kejadian ini adalah tanggung jawab generasiku. Generasiku yang harus mempertanggungjawabkan semua kejadian ini. Karena generasiku tidak berhasil dipersatukan, akhirnya rakyatlah yang menjadi korban. Generasiku dikategori “experts” tapi bila bicara masalah kekuasaan maka semuanya lemah.

Bagaimanapun saya akan berusaha supaya malapetaka yang melanda orang Timor-Timur ditahun 75, 99 dan 06 tidak boleh terulang lagi di tanah airku. Ini adalah sebuah perjanjian. Sebuah perjanjian yang mulia antara saya dengan tuhan dan saya dengan lulik di Timor-Timur.

Tapi, apa itu negarawan? Orang seperti saya bisa menjadi seorang negarawan? Saya mencoba membuka kamus untuk mencari tahu arti dari kata negarawan.

No comments:

Post a Comment